Monday, November 16, 2009

moving out, part 2

mau berbagi "tip" dalam pindahan:

siapin box
kelihatannya sepele, mungkin... tapi karton bekas ternyata bisa sangat berguna sewaktu kita pindahan. di hari-hari biasa yang karton bisa begitu aja dibuang, pas saat pindahan gw malah susah nyari2 karton buat bungkus-bungkus barang ~_~

jadi, kebiasaan membuang karton (selain ngga environment-friendly karena itu dulunya pohon ditebang eh kok cuman buat jadi safety packaging sekali pakai) musti dikurangi karena ada kemungkinan kita bakal butuh di kemudian hari. tokh buat nyimpen karton juga ngga susah, tinggal dibuka, ditekuk, terlipat tipis deh. ;)


packing barang
lagi pindahan gini, kotak kardus karton kemarin sangat berguna untuk kita.. here's a few tip menyangkut packing barang ke dalam dus karton:
  • buat nampung isi lemari pakaian;
kan ngga mungkin lemari penuh dengan isinya dinaekin ke mobil pindahan, karenaa:

1) berat banget ngangkat-ngangkatnya, selain kasian tukang2nya juga bisa ngerusak sambungan-sambungan lemari karena dipindahkan diangkat-angkat dan digoyang-goyang penuh beban

2) kalo di bak mobil pindahan tiba2 lemarinya kebuka, bisa2 karnaval deh... b*ha & c*ldal terbang bertebaran~ woo hooo!

  • gunakan buat mengamankan perintilan kecil
dari DS Lite, charger hape, nametag kantor, usb, external harddrive, etc etc semua kita jadi'in satu supaya ngga berceceran dan hilang2an.. dusnya kecil aja, yang penting semua masuk.

tip tambahan; kalau ngisi dus buat packing, sebisa mungkin dipenuhin -tapi jangan sampai overload juga. gunanya adalah ketika dibawa-bawa, barang didalam dus ngga berantakan karena minim ruang geraknya.

  • moment untuk meng-organize barang
tip ; kumpulin barang-barang yang sejenis dalam satu karton. gunanya?

1) ngga saling bikin rusak.. misalnya; headphone sennheisser dicampur sama kaos & jeans? alamat ancur deh tu headphones.. atau topi diselipin ke dus berisi panci? bisa-bisa peyang ngga bisa dibalikin ke bentuk asal deh tu topi.

2) lebih mudah buat mengatur tata letak barang-barang di tempat baru, karena sudah dikumpulkan per'kategori'.

  • menyimpan barang 'usang'
kumpulin semua barang-barang yang sama-sama jarang, atau sama-sama sering dipakai dalam satu karton. kemarin kita ngumpulin tas-tas yang jarang terpakai dalam 1 karton, dan ada dus karton lain yang isinya box-box hape, box DS, dan box aksesoris elektronik kecil lainnya yang kemungkinan ngga akan pernah perlu dibongkar kecuali barang2 tsb mau dijual -_-

gunanya, sampai di tempat baru kemungkinan barang tersebut ngga perlu dibongkar samasekali bahkan mungkin bakal lama disimpan, jadi selain ngirit tenaga, juga langsung rapih rumah barunya karena ngga berantak-berantakin dengan barang-barang yang ngga perlu ^_^


sebisa mungkin, kerjakan semua kegiatan packing dari jauh hari, dicicil kalau perlu. jangan dilakukan ketika hari pindahan supaya waktu untuk pindahannya lebih efektif.
*H-1 bisa dipakai buat cek ulang semua isi2nya, dan ngelakban dus2 yang mau dibawa (ingat, lakban bawah juga jangan atasnya doang yah).

my great wife nochan did so, dan seluruh proses pindahan kita took less than 3 hrs, termasuk manggil mobil bak - angkut - bongkar - makan ^_^

kalau isi barang yg dalam kardus karton menyembul keluar (meskipun hanya
sedikit), artinya harus cari kardus yang dimensinya lebih besar


it would also be great kalo kita bisa nemu kardus karton yang seragam ukurannya. selain memudahkan buat diatur-atur ketika dibawa, juga lebih enak dilihat karena lebih rapih :)


lifting boxes
naah, setelah semua barang2 rapih ke dalam dus-dus, saatnya ngangkat2 barang buat dimasukkin ke mobil.

untuk menghindari cidera punggung ketika mengangkat barang, lihat ilustrasi dibawah cara mengangkat beban yang benar:

jongkok - luruskan punggung - angkat barang pelan-pelan sambil rasakan beratnya.
untuk menaruhnya, gunakan kebalikan dari steps diatas


posisi tsb adalah posisi yang paling aman untuk mengangkat barang yang mengurangi risiko cidera punggung, dengan posisi tsb punggung kita bisa lebih 'siap' akan berat dari barang yang akan kita angkat. Atlit angkat berat aja kuda2nya dari jongkok kan? mana ada yang ngangkat halter dari ruku' :D

tapi, perhatikan juga punggungnya jangan terlalu tegak / menekuk kebelakang, bisa-bisa cidera juga kalo tulangnya over-arching* gitu (bisa menyebabkan lordosis)..

meski aman berjongkok, jangan terlalu ditekuk punggungnya

*find out more about good back positions and avoid 'overarching' here



>> yah, sekian dulu aja... ntar-ntaran nyambung lagi....

2 comments:

DwAN Bergjho said...

tips yang menggugah selera, ini nulis sendiri ato caplok2an ^__^

seseorang said...

hehehe image2nya nyaplok, tp isinya nulis sendiri :)
*kbeneran klo soal ngangkat barang yg baik ituh, mertua gw paling rajin ngingetin :p