Tuesday, June 23, 2009

innalillahi wainailaihi rajiun

Telah berpulang ke Rahmatullah kakekku tercinta..


H. Achmad Robach bin H. Faqih

pada tanggal 8 Juni 2009 pukul 21.00 WIB

postingan ini sebenernya udah lama banget, tapi selalu ngga bisa gw selesaiin karena setiap gw ngelanjutin nulis, i end up crying.. :'(

"Bapak" dan "Ibu" is how i and the entire family use to call our grandparents..kita semua (gw, adek2 gw dan sepupu2 gw) ngga pernah manggil kakek atau nenek kita dengan panggilan eyang ti atau eyang kakung,, mungkin karena dari kecil kita terbiasa ngikutin orang tua kita manggil mereka gimana..

tapi buat gw panggilan "Bapak" dan "Ibu" bukan cuma karena kebiasaan dari kecil, buat gw bapak dan ibu memang udah kaya orang tua gw sendiri..dulu waktu nyokap dan bokap masih ribet ngurusin perpindahan dari pekanbaru ke jakarta, gw sempet dititipin di rumah bapak dan ibu selama beberapa tahun..dan mereka memberikan kenangan-kenangan yang ngga akan pernah gw lupain..mereka memberikan kasih sayang yang luar biasa besar seperti anak mereka sendiri..owh how i miss them both.. :'(

gw masih ingeeeet banget, dulu gw ngga bisa tidur kalo ngga dipeluk sama Ibu,,digosok-gosok punggungnya sampe gw tertidur,,
dan gw masih ingeeeeet banget betapa gw manjanya sampe2 setiap mau berangkat sekolah, gw ngga mau dimandiin klo ngga ada Bapak..dan gw selalu senang mandi di dalam ember besar!
masih jelas banget semua kenangan-kenangan itu di otak gw, andaikan aja bisa dijadiin video..huhuhuhuhuhuuhuhhuu :(

Bapak emang udah beberapa bulan ini masuk rumah sakit karena sirosis, udah parah tapi semangat hidupnya masih tinggi..dan yang bikin tambah sedih, Bapak masih aja semangat buat cari batik dan masih pengen di pesenin beskap untuk acara akad dan resepsi gw..padahal beliau di rawat di rumah sakit di Medan.. :'(

alhamdulillah Bapak masih sempet ngeliat acara akad nikah lewat webcam, walaupun sinyal di kamar inap hilang-hilang timbul..jadinya sering keputus-putus.. :'(
tambah lega lagi setelah acara akad selesai, gw dan Adit udah sempet nelfon Bapak, walaupun Bapak cuma bisa jawab dengan gumaman..

tapi kelegaan itu ngga bertahan lama,
Senin malam waktu gw dan adit baru aja sampe di hotel Bali,
that unwanted call arrived..
Bapak ngga ada..

rasanya jantung gw kaya langsung di genggam kuat-kuat trus ditarik-tarik..
i cannot breathe..
and so i spent the nite crying..
especially when i know that the last words he spoke was my name.. :'(

i wanted so bad to go straight to medan that nite, tapi udah ngga ada penerbangan jam segitu..
dan kalo gw paksain naik penerbangan sepagi mungkin keesokan harinya pun ngga akan keburu nyampe medan sebelum bapak dimakamkan, karena ternyata ngga ada flight dari bali yang langsung ke medan, harus transit jakarta dulu ternyata.. :(

owh i should have gone to medan hari minggunya, nyesel banget sampe sekarang..
tapi seperti orang kebanyakan bilang, penyesalan ngga ada gunanya..gw cuma bisa ngasih Bapak doa sebanyak-banyak aja sekarang ini..

beliau orang yang paling sempurna buat gue..seriously no kidding.
ngga banyak ngomong, sabaaaaaarnya minta ampuuuuuuun..
penyayang keluarga..terutama cucu-cucunya..
ngga pernah mengeluh atau menuntut..coba deh, langka banget kan?
dan yang terpenting beliau setia,,walaupun udah lama ditinggal duluan sama Ibu, Bapak nga pernah kepengenan untuk nikah lagi,,ngga pernah sedikitpun terlintas di pikirannya..

i love and adore you so much Pak, i'm proud to have such a lovely grandpa like you..i do.

Selamat Jalan Bapakku sayang, Ajeng bakal selalu berdoa untuk bapak..
semoga Bapak diberi tempat yang paling baik, di surga..di mana ada Ibu juga.. :')

i Love you grandpa..

10 comments:

Arman said...

ikut berduka cita ya...

gajah manis&baik hati said...

hei, salam kenal yah, suka deh baca blognya, btw gw bacanya ikut nangis lho....

u have a very great grandpa...may God bless him yah...

nadZ said...

nochan, turut berduka cita...jadi inget Eyangkung gue...

semoga almarhum Bapak diterima di sisi Allah SWT, amiin :)

.Dinda. said...

hi nochans, am ur silent reader..sedih banget baca postingan yang ini..tp untung kakek lo sempet liat akad lo ya..semoga Almarhum di terima di sisi Allah SWT, amien...

wulan said...

Nochan..Turut berduka cita yaa..semoga arwah beliau diterima sebaik-baiknya di sisi Allah SWT. Amin.

nochan said...

@arman: makasih mas Arman.. :')

@gajah manis& baik hati: hai gajah..hihihihi lucu banget namanya..

yes he was a very great grandpa indeed,,i miss him already.. :'(
thank you so much gajah manis..

@nadz: Amiiiin! thank you so much darling..how's your eyangkung?

@dinda: hai dinda! :)
iya, itu juga liatnya ngga jelas din, krn lewat webcam..
and everybody's tellin me klo Bapak kayanya emang perginya nungguin acara aku selesai dulu..hiks..hiks..hwaaa.. :'(

Amiiin, semoga Bapak udah tenang disana..thanks Dinda! :)

@wulan: Amiiin,,amin ya rabbal alamiiiiiin...makasih banyak ya Wulaaaaan!! *hugs*

adinda andi anas said...

ka nochan,hiks, sedih banget bacanya,
semoga arwah Bapak diberi tempat terbaik oleh Allah SWT ya ka,

jangan lupa sering2 kirimin doa ka :)

*jadi kangen alm kakek-ku juga :(

kiki said...

ka nochan,, aku juga turut ber duka cita semoga bapak diterima di sisinya,, amiennn,,,,

iya bener ka kata si dindut,,
banyak2 kirim doa :)

seseorang said...
This comment has been removed by the author.
little_star said...

ikut berduka cita yah mbak.

aku sangat terharu membacanya, bahkan berkaca², gimana yang nulis.

*peluk mb nochan*